DEKLARASI DAN PELANTIKAN DPW BERANI (BADAN PERSAUDARAAN ANTAR IMAN) PROPINSI JAWA BARAT.

label

Mari bergabung bersama kami para jurnalis/wartawan untuk dapat mengembangkan skill dan pengalaman dalam menulis, silahkan hubungi team kami atau redaksi kami | Mari bergabung bersama kami para jurnalis/wartawan untuk dapat mengembangkan skill dan pengalaman dalam menulis, silahkan hubungi team kami atau redaksi kami | Mari bergabung bersama kami para jurnalis/wartawan untuk dapat mengembangkan skill dan pengalaman dalam menulis, silahkan hubungi team kami atau redaksi kami |
Mari bergabung bersama kami para jurnalis/wartawan untuk dapat mengembangkan skill dan pengalaman dalam menulis, silahkan hubungi team kami atau redaksi kami | Mari bergabung bersama kami para jurnalis/wartawan untuk dapat mengembangkan skill dan pengalaman dalam menulis, silahkan hubungi team kami atau redaksi kami | Mari bergabung bersama kami para jurnalis/wartawan untuk dapat mengembangkan skill dan pengalaman dalam menulis, silahkan hubungi team kami atau redaksi kami |

iklan

iklan

DEKLARASI DAN PELANTIKAN DPW BERANI (BADAN PERSAUDARAAN ANTAR IMAN) PROPINSI JAWA BARAT.

Rabu

Bandung, Senin, 10 Juni 2024 merupakan momen penting terbentuknya badan persaudaraan antar iman yang disingkat BERANI besutan Partai Kebangkitan Bangsa. Walau demikian BERANI adalah badan otonom (banom) yang bergerak untuk menyatukan segenap komponen anak bangsa yang sangat majemuk, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan. Suatu konsep unik dengan daya tarik istimewa yang dimiliki oleh BERANI (Badan Persaudaraan Antar Iman).

Acara deklarasi dan pelantikan ini dihadiri oleh ketua umum BERANI Pdt. Dr. Lorensius Manuputty beserta jajarannya dan juga hadir ketua komisi X dan DPW PKB Jawa Barat bapak Haji Syaiful Huda bersama jajarannya.
Hal yang juga menarik adalah hadirnya perwakilan tokoh enam agama lengkap dengan atribut keagamaan masing. Di mana agama Islam  diwakili oleh Ustadz Kasful Anwar,M.Pd, agama Katolik diwakili oleh Diakon Ricky Fernando Sitio,OSC, agama Kristen diwakili oleh Pdt. Christman Hutabarat,S.Th, agama Hindu diwakili oleh Pinandita I Gusti Made Arya (wakil ketua Persatuan Hindu Darma Indonesia - Jawa Barat), agama Budha diwakili oleh bapak Sartiman ,S.Pd.B, dan agama Kong Hucu diwakili oleh Fam Kiun Fat (wakil ketua Majelis Agama Kong Hucu Indonesia).
Acara dihadiri sekitar 200 orang dengan antusias sejak pukul 16.00 dan dimeriahkan oleh band Rolling Stone dan Kotela (Komunitas Tembang Lawas).
Adapun tema yang diusung adalah 'Merekatkan Indonesia di tengah Perbedaan.'
Dalam sambutannya, ketua panitia penyelenggara Johan Makonda,S.Miss.,MTh. mengatakan, dengan tema yang diusung oleh BERANI memberi ruang bagi tumbuh kembangnya moderasi beragama di Jawa Barat khususnya dan Indonesia umumnya. Dan BERANI siap bersinergi dengan segenap elemen bangsa menuju Indonesia yang lebih baik. Menurutnya keberanian yang sejati adalah keberanian untuk menolak intoleransi, provokasi dan sektarianisme. Kekuatan yang sesungguhnya adalah kekuatan untuk berpihak kepada kebenaran. Dan di atas semuanya itu, kasih merupakan tali pengikat yang mempersatukan bangsa yang besar ini.
Selanjutnya ketua umum BERANI Pdt. Dr. Lorensius Manuputy  mengatakan dalam orasinya, BERANI digagas oleh K.H. Abdul Rahman Wahid atau Gusdur, namun baru dapat direalisasikan oleh Muhaimin Iskandar atau cak Imin Ketua Umum PKB yang didasarkan pada suatu realita bahwa bangsa Indonesia dianugerahi berbagai suku bangsa, berbagai agama dan kepercayaan. Keragaman agama dan kepercayaan adalah suatu realita yang harus dihormati, dijaga dan dirawat. Oleh sebab itu segala bentuk radikalisme dan intoleransi harus ditolak karena dapat membahayakan persatuan Indonesia, membahayakan nilai nilai kemanusian dan perdamaian. DPW BERANI Propinsi Jawa Barat berada ditengah tengah penduduk yang berjumlah lebih kurang 50 juta jiwa. Oleh karenanya unsur pengurus DPW BERANI perlu membangun jejaring dan bersinergi dengan berbagai elemen bangsa, melakukan advokasi dan edukasi terkait dengan keberagaman agama dan kepercayaan.
Senada dengan sambutan Ketua Umum Berani, bapak Haji Syaiful Huda menyampaikan, meskipun PKB dilahirkan oleh tokoh tokoh Nahdatul Ulama, namun roh atau jiwa PKB adalah Kebangsaan. Dilandasi oleh Cinta kepada saudara seiman, Cinta kepada sesama dan Cinta akan tanah air, maka Partai Kebangkitan Bangsa merangkul, bersinergi dengan keragaman agama dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat. Menurutnya persoalan keagamaan sudah selesai. Tidak perlu dipersoalkan lagi. Bahwa kita menganut asas kebhinekaan adalah kesepakatan para pendiri bangsa kita yang harus terus kita jaga. Apapun agamanya semua setara. Karena nasionalisme kita tumbuh dari gerakan persatuan keagamaan. Yang pada masa-masa yang akan datang harus terus diperkuat.

Ketua DPW BERANI terpilih Jawa Barat Dr. Rismato Tobing dalam sambutannya menyampaikan pentingnya menciptakan tujuan utama yaitu Kehidupan kerukunan antar umat beragama di Jawa Barat yang membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak.
Adapun konsep yang sangat efektif untuk menjaga kehidupan bergama menjadi sejuk yaitu melalui konsep Tri Kerukunan.
- Kerukunan Internal yaitu kerukunan didalam kehidupan agamanya. Karena ternyata dalam satu agama terdapat beberapa aliran yang kalau tidak dibina seringkali dapat menimbulkan konflik internal.
- Kerukunan eksternal yaitu mencegah terjadinya konflik antar agama dengan membina kehidupan yang rukun antar agama dengan menumbuh kembangkan moderasi beragama.
- Kerukunan antar agama dengan Pemerintah. Perlunya kehadiran Pemerintah dalam menjaga kerukunan umat beragama.
Semoga dengan kehadiran Badan Persaudaraan Antar Iman di  Jawa Barat yang di inisiasi dan diinduki oleh Partai Kebangkitan Bangsa membuat semua masyarakat Jawa Barat Mengalami Kehidupan yang betul betul sejuk. Dan melalui Berani, PKB yang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat, semakin dicintai semua kalangan masyarakat dan semakin berkembang. (Red).


Berita Terdahulu


Berita Populer